valueconsulttraining.com

TUGAS PENTING DI EMBAN SEKTOR JASA KEUANGAN PADA AGENDA DIGITAL 2021-2024

Advertisements
Advertisements

Tugas Penting Sektor Jasa Keuangan Pada Peta Jalan Digital 2021 sampai 2024

sektor jasa keuangan
d39otahjdwbcpl.cloudfront.net

 

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengatakan pemerintah telah menyusun Roadmap Indonesia Digital tahun 2021-2024 yang menjadi pedoman transformasi digital bangsa Indonesia.

Roadmap tersebut di bagi menjadi empat sektor: infrastruktur digital, tata kelola digital, ekonomi digital, dan masyarakat digital.

“Dalam empat roadmap ini, 100 inisiatif teratas berada di 10 sektor prioritas, termasuk sektor jasa keuangan. Beberapa contoh inisiatif utama di sektor jasa keuangan, seperti perluasan program pengembangan start-up lokal, pengembangan instrumen pembiayaan berbasis joint venture untuk UKM, Ultra Micro dan start-up; dan pengenalan sistem perkreditan nasional untuk meningkatkan akses perkreditan, khususnya untuk pembiayaan adopsi teknologi digital,” jelas Menkominfo Johnny G. Plate, Menteri Komunikasi dan Informatika.

 

Menurut Menteri Johnny, usaha mikro, kecil, dan menengah memiliki peluang besar untuk berpartisipasi dalam kegiatan pasar modal. “UKM mendukung 60% dari PDB nasional, sehingga melalui program ini, kami di Cominfo membekali mereka dengan kapasitas dan kinerja,” lanjutnya.

Pada tahun 2022, Program Gerakan Literasi Digital Nasional (GNLD) menargetkan membaca dan menulis kepada sekitar 5,5 juta peserta. Sebelumnya, pada tahun 2021, Departemen Komunikasi dan Informatika berhasil menjaring 12,5 juta peserta dalam program yang sama.

“Kami berharap dapat menjangkau 50 juta orang di setiap pelosok tanah air pada tahun 2024. Ini juga berarti potensi besar bagi investor pasar modal”, kata Menkominfo.

Melalui Program GNLD, Menteri Johnny memperkenalkan topik investasi digital dan juga akan memperkenalkan dunia fintech.

Ia mengatakan penting nya di lakukan hal ini bersamaan dengan upaya penanganan berkembang nya platform fintech yang berpotensi dapat merugikan masyarakat.

sektor jasa keuangan
pict-a.sindonews.net

Jhonny menjelaskan, pemerintah telah menangani 5.429 fintech ilegal yang beredar di seluruh platform website, aplikasi Google Play Store dan YouTube, Facebook, Instagram, file sharing, dan Telegram.

Baru-baru ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika juga menerima permintaan dari Otoritas Perdagangan Berjangka Komoditi Kementerian Perdagangan untuk menghentikan akses ke aset opsi biner.

Pada tahun 2021, Kementerian Komunikasi dan Informatika menutup akses ke 1130 konten ilegal agen berjangka, investasi ilegal, mata uang ilegal, termasuk konten opsi biner.

 

 

Sumber: selular.id

Check Also

investasi untuk pemula

Rekomendasi Terbaik 4 Aplikasi Investasi Untuk Pemula

Rekomendasi Terbaik 4 Aplikasi Investasi Untuk Pemula Ini bisnis yang tidak berbahaya, Tn. Frodo, untuk …